Apa Itu Tumor ?

Apa itu tumor ? Tumor adalah jaringan sel pada tubuh yang tumbuh secara tidak normal dan biasanya membentuk benjolan berupa daging, lemak atau cairan yang akan tumbuh semakin membesar. Tumor ini terbantuk karena pertumbuhan sel baru yang tidak seimbang yang menggantikan sel lama, sehingga terbentuknya tumor. Pertumbuhan tumor memang relatif lambat dan tidak akan menyebar kebagian tubuh lainnya.

Jenis Tumor


Pada dasarnya tumor dibagi menjadi dua, Tumor jinak dan tumor ganas ( kanker ). Tumor jinak memang tidak terlalu berbahaya dibandingkan denga tumor ganas, tetapi ada jenis tumor jinak yang harus diperhatikan ekstra terutama untuk daerah tertentu pada tubuh seperti tumor otak dan harus segera diambil tindakan penyembuhan. Tumor jinak perlu segera diambil timdakan yang cepat, apabila telat dapat menjadi tumor ganas yang dapat membahayakan kesehatan.

Yang kedua adalah tumor ganas ( kanker ), tumor ini sangat berbahaya karena kemampuan penyebarannya cepat dan dapat dapat menginfeksi bagian tubuh lainnya dan harus segara dilakukan pengobatan. Apabila telat dalam penanganannya dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Penyebab Tumor


Banyak hal yang dapat menyebabkan tumor, baik dari faktor internal maupun eksternal. Untuk faktor internal biasanya karena faktor keturunan / genetik. Untuk faktor eksternal biasanya karena gaya hidup yang kurang sehat seperti rokok, alkohol, zat kimia yang masuk ketubuh, radiasi sinar matahari yang berlebihan  dan lain-lain.

Gejala Tumor


Gejala tumor dapat dilihat dengan kasat mata, salah satunya munculnya benjolan pada bagian tubuh dan biasanya tidak terasa sakit, buang air besar yang disertai darah, siklus HAID yang tidak normal, berat badan menurun.

Pengobatan Tumor


Banyak Pengobatan Tumor yang dapat dilakukan, terutama pada tumor jinak dimana tidak perlu terlalu sulit dibanding tumor ganas. salah satunya dengan cara operasi yaitu pengangkatan tumor dan biasanya tidak akan tumbuh kembali. Ada pula cara medis lainnya yang disebut dengan Gamma Knife dimana proses ini menggunakan metode terapi sinar gamma (radiosurgery) yang digunakan untuk pengobatan tumor diotak tanpa harus membelah tulang tengkorak. Radiasi sinar gamma ini digunakan untuk menghancurkan sel-sel yang sakit sementara menjaga sel-sel lainnya yang masih sehat.

Pengobatan yang paling adalah dengan mencegah, dengan pola hidup sehat dan asupan makanan yang bergizi dapat mengurangi resiko penyakit tumor dan penyakit lainnya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.