Obat Alami untuk Penyakit Maag

Obat Alami untuk Penyakit Maag - Penyakit  Maag adalah penyakit  yang ditimbulkan oleh kelebihan asam didalam lambung yang menyebabkan iritasi / luka di selaput lendir lambung. Asam didalam lambung diperlukan untuk membantu mengolah dan mencerna makanan yang kita makan. Tetapi apabila produksi asam di lambung terlalu berlebih hal tersebut menyebabkan penyakit maag. Penyakit maag dapat disebabkan pola hidup kita tidak sehat dan tidak teratur seperti makan tidak teratur, makanan yang terlalu pedas dan berminyak, merokok, minuman kopi/alkohol, bahkan stres menjadi salah satu faktor penyebab maag.

Obat Alami Sakit Maag
Pic: Ist
Penyakit maag banyak diderita oleh orang memiliki kesibukan tinggi, sehingga pola hidup dan makannya tidak teratur. Penyakit maag dapat diketahui dari ciri-cirinya yaitu perut terasa kembung, mual hingga muntah, nyeri hulu hati, sering bersendawa, cepat merasa kenyang dan lapar.

Ada beberapa bahan alami/herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag. Selain mendapatkan bahan yang alami juga terbebas dari bahan kimia yang dapat menambah munculnya penyakit baru yang disebabkan oleh penggunaan bahan kimia. Berikut ini Tips dan Artikel obat alami untuk penyakit maag.

1. Kunyit
Kunyit untuk obat maag, termasuk obat alami yang paling dikenal masyarakat untuk mengobati penyakit maag. kurkumin dan kurkuminoid (bahan aktif dari kunyit) serta minyak atsiri terbukti memiliki efek antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antikanker sehingga baik dikonsumsi sebagai obat maag dan untuk kesehatan lainnya.
Penggunaan : Ambil dua ruas kunyit, kupas, bersihkan dan parut kunyit, tambahkan air matang dan peras untuk mengambil sarinya. Minum dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

2. Lidah buaya
Lidah buaya untuk obat maag, kandungan aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida pada lidah buaya baik untuk mengobati sakit maag. Zat aktif lain diidentifikasi sebagai Aloctin A dan Aloctin B. Aloctin A menghambat sekresi asam lambung dan pepsin jika diberikan secara intra vena pada tikus. Kandungan yang berkhasiat lain adalah Aloin dan Antrakinon yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Selain itu, lidah buaya mempunyai khasiat antiinflamasi. Gel lidah buaya mengandung bradykinase, yaitu suatu enzim pemecah sumber inflamasi, bradykinin.
Penggunaan : Kupas kulit lidah buaya dan bersihkan hingga lendirnya berkurang, Rebus hingga matang ( air mendidih). Sajikan dengan menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya atau dapat juga dijadikan jus dengan menambahkan madu.

3. Pisang raja
Pisang raja untuk obat maag, pada pisang raja terkandung zat-zat yang bersifat antitukak peptik, Kandungan pektin yang tinggi dalam pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung.
pengggunaan : pilih pisang yang sudah tua dan belum matang, keringkan pisang dengan cara kupas kulit pisang. potong kecil-kecil seperti keripik dengan cara dijemur ( jangan langsung dibawah mathari, cukup diangin-anginkan saja ), setelah kering jadikan bubuk dapat di tumbuk atau blender. Ambil dua sendok bubuk pisang, campur dengan madu, konsumsi dua kali sehari pagi dan malam.

4. Kacang hijau
Kacang hijau untuk sakit maag, kandungan dalam kacang ijo bisa membuat lapisan lambung tebal dan mengurangi kadar asam dalam labung berkurang, yang biasanya penyekit maag di akibatkan terlalu banyakknya kandungan asam dalam lambung.
penggunaan : Bersihkan kacang hijau, keringkan dengan cara dijemur, sangrai kacang hijau hingga matang lalu tumbuk hingga halus, Ambil satu sendak makan bubuk kacang hijau dan campurkan dengan air hangat, minum tiga kali sehari.

5. Susu kambing
Susu kambing untuk obat maag, minum 200 ml susu kambing dengan rutin atau saat maag menyerang. Susu kambing bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung yang berlebih.

Itulah beberapa tips dan Artikel mengenai obat alami untuk penyakit maag. Unruk wanita yang sedang Hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi bahan diatas karena dapat berakibat kurang baik untuk janin yang dikandung dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kesehatan anda. Penyakit maag dapat dicegah dengan pola hidup hidup teratur dan makanan yang sehat dan hindari stres, semoga bermanfaat. -dboen-

{ 7 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Artikel yang bagus. Sangat membantu mereka yang menderita tukak lambung(maag). Terimakasih

Berbagi Info mengatakan...

Wah info yang menarik, istri saya juga kena magh, minum obat dari dokter tapi ngga sembuh2, kadang-kadang kumat. Makasih akan saya coba. salam kenal.

rizka kumala mengatakan...

Bermanfaat sekali artikelnya, saya sendiri kena maag tapi belum tau obat alaminya seperti apa. Info ini sangat membantu.

sity nabila mengatakan...

makasih artikel diatas sangat barmanfaat. saya jg kena maag ak akan mencobanya...

Anonim mengatakan...

klo kunyit nya di makan langsung gimna

afif arifin mengatakan...

Saya sangat berterima kasih atas hadirnya tulisan ini, semoga membantu saya dan yang lainnya dalam pengobatan alternatif (alamiah), dan semoga Allah swt memberikan reward yang mengalir (sedekah-jariyah). Amiin.

heri mengatakan...

saya,sudah pernah mencoba dengan kunyit,kacang hijau,lidah buaya tetapi hingga kini blm sembuh sakit maag nya,akan saya coba dengan ramuan pisang raja. ada juga teman alami sendiri sakit maag kronis dengan minum jamu sariawan usus bisa sembuh sakit maagnya.itupun blm saya coba.terima kasih infonya.

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.